Merk Krim Pemutih Wajah Berbahaya

Apa saja sih merk krim pemutih wajah berbahaya menurut BPOM? Lalu apa bahayanya menggunakan pemutih palsu? Buat kakak-kakak yang mau mencoba pemutih wajah, saya sarankan jangan sembarangan pake krim pemutih, apalagi yang iklannya dijanjikan bisa putih cepat dalam 2 minggu, 1 minggu, bahkan hitungan hari.

Ada banyak banget krim pemutih yang tak terdaftar di BPOM, tapi dijual bebas, dengan testimoni meyakinkan, foto before after entah dapet dari mana, hingga diklaim sebagai krim racikan dokter, racikan apoteker, dibuat dari bahan alami, dan sebagainya. Tapi, ternyata itu cuma krim kiloan, kosmetik palsu, dan kosmetik mengandung bahan berbahaya. Kalo pada produk pemutih, bahan berbahaya yang biasa ditambahkan adalah merkuri. Udah tau kan gimana bahayanya merkuri? Kosmetik yang mengandung merkuri, nggak bakalan bisa didaftarkan ke BPOM, karena pasti ditolak.

Sedangkan hidrokinon, ini bukan sepenuhnya berbahaya sih, karena ini masih digunakan oleh dokter. Tapi, hidrokinon ini kalo di Indonesia bukan untuk bahan kosmetik, melainkan obat. Hidrokinon masih dibolehkan dengan kadar tertentu, dan itupun dengan pengawasan dokter.

Kalo pada kosmetik yang mengandung hidrokinon, gimana kita bisa tau kadar hidrokinonnya? Lalu kalaupun di bawah batas aman, apa kadarnya sesuai dengan dosis yang diperlukan? Sedangkan dokter nggak sembarangan kasih krim ke pasien. Dan obat-obatan dari dokter itu sudah diperiksa dari BPOM.

Nah, yang jualan krim-krim yang tak terdaftar di BPOM nggak usah pake alasan ini ya, pake samain krim yang dijual dengan krim racikan dokter.

Permintaan krim pemutih sangat tinggi di pasaran. Banyak wanita Indonesia yang ingin tampil putih. Indonesia bukan bangsa kulit putih. Dengan iklim tropis, orang yang punya warna kulit terang pun bisa gelap karena sinar matahari.

Padahal mengubah warna kulit sebenarnya hal yang tak disarankan. Karena pigmen kulit manusia itu sudah menyesuaikan kondisi lingkungan. Misal, orang berkulit cerah kena panas-panasan warna kulitnya jadi gelap, itu adalah untuk melindungi kulit.

Menggunakan krim pemutih kulit yang bikin kulit mengelupas dapat meningkatkan sensitivitas kulit jika terkena sinar matahari. Tapi, yang namanya pasar, kalau tinggi permintaannya berarti bagus untuk bisnis. Ada demand, ada supply lah bahasa kerennya.

Lalu apa sajakah krim pemutih wajah yang telah dinyatakan berbahaya oleh BPOM? Tadi itu baru pembukaan ya, maaf kalo kepanjangan, dan memang sengaja untuk artikel ini saya bikin yang panjang, hehehe.

Salah satu jenis kosmetik yang sering kena razia adalah krim pemutih wajah, bisa karena mengandung bahan berbahaya, tanpa izin edar, dan kosmetik palsu.

Kosmetik palsu itu maksudnya produk yang sebenarnya bukan kosmetik tapi dipromosikan sebagai kosmetik, misal, campuran mentega sama tepung terigu dibilang krim pemutih. Ini contoh saja ya, nggak usah coba bikin. Itu mah cocoknya buat bikin gorengan :D.


Merk Krim Pemutih Wajah Berbahaya
Berikut ini daftar merk krim pemutih kulit wajah berbahaya menurut BPOM.

Krim Tabita (daily cream, nightly cream, skin care smooth lotion) -> mengandung merkuri
Krim Walet Green Alvina -> mengandung merkuri dan asam retinoat
Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine -> mengandung merkuri
Cantik Whitening Vit E Day Cream dan Night Cream -> mengandung merkuri
Cream Malam Prima 1, Dr. Nur Hidayat, SpKK -> mengandung hidrokinon dan asam retinoat

Ini loh Krim Tabita. Ada kabar kalo pemiliknya itu membantah kalau krim Tabita nggak berbahaya (http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/05/13/mmqudj-tabita-kosmetik-bantah-produknya-berbahaya). Sebetulnya ini mudah saja, kalau memang yakin nggak berbahaya, kan tinggal mendaftarkan ke BPOM. Minta pihak BPOM melakukan pengujian.

merk kosmetik berbahaya, pemutih wajah berbahaya merk pemutih wajah berbahaya, pemutih wajah tidak aman menurut BPOM

sumber: http://www.pom.go.id/files/HM.04.01.1.43.05.13.2690.pdf

Mengandung merkuri -> efeknya menimbulkan iritasi pada kulit, reaksi alergi, bintik-bintik hitam pada kulit, menimbulkan cacat pada janin, dan dapat dapat menyebabkan kanker.

ECOLAGEN Rice Milk Cream (Day Cream & Night Cream)
Krim Temulawak Widya Day Cream & Night Cream
Niche Day Cream & Night Cream)
BioClinic Night Cream
Esther Vite Transparent Soap
Esther Day Cream & Night Cream)
La Bella ESTHER Night Cream
BioGold
Clariderm
Anima40 Day Cream
Krim Dr Herbal
Krim Temulawak La Widya Night Cream (kemasan hampir sama dengan krim temulawak Widya, kalau La Widya ada tambahan “La” di kemasannya)
Krim Labella
Aichun Beauty Night Cream
Beauty Girls Pearl Cream

Mengandung hidrokinon -> efeknya kulit merah, rasa terbakar, iritasi, kulit berwarna kehitaman (ochronosis)
Gavia Whitening Cream
AURAKU Whitening Serum

Mengandung asam retinoat -> efek: kulit kering, terasa terbakar, pengelupasan, dan menyebabkan cacat pada janin.
MIROCELL Lightening 3 Cream
COME BEAUTY Night Cream

sumber: http://www.pom.go.id/new/admin/dat/20160630/Foto_Produk_PW_Kosmetika_Mengandung_BB_2016.pdf

Itu cuma sebagian saja. Belum tentu yang tidak terdaftar di situ aman ya. Pokoknya kalau belum ada nomor BPOM-nya, lebih baik hati-hati saja.

Krim Pemutih Wajah yang Sebaiknya Dihindari
Ada banyak merk krim pemutih kulit wajah yang sebaiknya dihindari dengan alasan, kandungan bahan tak jelas, tidak terdaftar di BPOM, produsen tak jelas.

– Krim Temulawak
Katanya ini produk asal Malaysia. Padahal ternyata produk ini tidak terdaftar di lembaga semacam BPOM di Malaysia. Bahkan ternyata produk ini sama sekali tidak mengandung temulawak. Temulawak cuma merknya. Bahkan diduga mengandung merkuri.

– Krim Syahrini
Nama krim ini mencatut nama artis terkenal. Ini bukan krim artis, tapi krim gaje seperti krim-krim lainnya, nggak jelas bahanya, nggak jelas juga produsennya, apalagi izin edar dari BPOM.

– Krim Baby Pink
– Qweena SkinCare

– Krim HN
Ada cerita tentang krim HN ini. Ceritanya sih bau-bau hoax. Katanya ini krim resepnya dari Dr Ananta, tapi yang bikin krimnya namanya Hetty Nugrahati (HN). Nggak jelas orang ini siapa, dicari di Google juga susah, dia itu siapa, orang mana, beneran ada orangnya nggak. Dr. Ananta yang dimaksud juga yang mana, spesialisnya apa.

– Krim racikan dokter
Krim racikan dokter tidak dijual sembarangan. Dokter membuat krim racikan sesuai dengan kebutuhan pasien, bukan asal-asalan. Kalau Anda ditawari krim racikan dokter, tanyakan kepada penjual tersebut, siapa dokternya. Cari tahu dokternya beneran ada nggak, atau cuma fiktif. Cuma dibilang racikan dokter biar laris.

– Krim racikan apoteker
– Krim Ayu Ting Ting
– Krim Walet
– Cream BPS

Saya ingin mengulas krim-krim tersebut lebih jauh. Tapi, rasanya terlalu panjang kalau dijelasin satu per satu. Lha wong ini saja sudah terlalu panjang. Saya telah melakukan penelusuran informasi krim HN dan krim temulawak. Mungkin lebih baik saya bahas di lain postingan.

TM Kosmetik terbuka untuk klarifikasi. Bagi penjual atau produsen yang keberatan karena produknya dianggap berbahaya, silakan sampaikan lewat komentar. Jangan cuma bilang aman karena bahan alami. Batu gamping juga alami, tapi apa Anda mau ditaburi serbuk batu gamping supaya kelihatan putih?


JURUS NGELES SELLER PEMUTIH WAJAH

Ini kan produk impor jadi belum BPOM
Meski produk impor, aturannya mesti didaftarkan dulu. Produk kosmetik tanpa izin edar bisa dikatakan kosmetik ilegal. Bukan berarti palsu lho ya. Tapi, krim impor yang beredar di Indonesia juga belum tentu asli. Nah, bingung kan?

Ini kan racikan dokter, sama kayak kalian ke dokter dikasih obat juga nggak terdaftar di BPOM kan?
Obat dari dokter sudah diperiksa keamananya oleh BPOM. Menurut keterangan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti di situs klikdokter.com, obat racikan dokter sudah diperiksa oleh BPOM.

Meski belum ber-BPOM, tapi sudah terbukti khasiatnya kok, sudah banyak yang membuktikannya.
Kalau khasiat yang dimaksud adalah bikin wajah putih, memang, sekalipun menganadung merkuri juga bisa bikin putih. Sepertinya kurang tepat kalau dibilang khasiatnya, soalnya ini bukan obat, tapi kosmetik. Yang jadi masalah itu keamanannya, aman nggak buat kesehatan? Logikanya kalau aman nggak mungkin dong BPOM melarang. Sayang sama wajah, wajah cuma satu, masa tega ditemplokin krim-krim nggak jelas.

Nggak terdaftar di BPOM, kan belum tentu nggak aman.
BPOM itu dalam menilai suatu produk bahaya atau tidak itu nggak sembarangan. Orang-orang di BPOM juga bukan orang sembarangan. Mereka paham soal kesehatan. Nah, yang jualan kirm gaje itu siapa? Dokter bukan, apoteker bukan, sekolah juga belum tentu jurusan farmasi, berani bilang krim gaje itu aman?

Nomor BPOM masih dalam proses karena ada bahan yang tidak diperbolehkan oleh BPOM
Secara nggak langsung menyebutkan kalau kosmetik itu mengandung bahan berbahaya.

Kami nggak memaksa untuk beli.
Ketimbang pusing meladeni calon pembeli yang banyak tanya, kasih jawaban pamungkas aja deh :D. Iya sih nggak maksa, tapi nggak ada salahnya mengingatkan yang lain supaya nggak pake krim pemutih gajebo.


Karena saking banyaknya produk krim pemutih gaje, dengan begitu banyaknya merk yang beredar, ada baiknya untuk mengenali ciri-ciri krim gajebo tersebut, nggak harus mengingat semua merknya. Ciri-cirinya adalah tidak punya nomor BPOM, tidak jelas produsennya, tidak ada tanggal kadaluwarsanya, tidak jelas bahan-bahannya.

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming promosi krim pemutih yang katanya bisa memutihkan kulit dalam hitungan hari, dalam seminggu. Jika ada krim pemutih yang dipromosikan dapat memutihkan kulit kurang dari 2 minggu, sebaiknya hindari. Suntik putih aja yang dilakukan oleh dokter hasilnya tidak instan. Yang aman tidak instan. Buat apa sih pakai produk pemutih dengan hasil instan, tapi ujung-ujungnya kanker? Nggak ada pemutih wajah yang permanen.

Untuk pembahasan krim pemutih wajah berbahaya ini sebenarnya saya ingin membahas lebih banyak lagi, termasuk fenomena krim kiloan, yang kemudian dikemas ke dalam pot, dikasih merk tertentu. Saya juga ingin membahas tentang krim-krim pemutih yang marak dijual di internet, seperti krim Tabita dan krim temulawak. Kunjungi terus ya TM Kosmetik.

Untuk yang mau menanyakan apakah krim pemutih merk A berbahaya atau tidak, silakan tulis di komentar. TM Kosmetik menerima komplain bagi Anda yang merasa dirugikan atas penyebutana merk-merk kosmetik di atas.

Incoming search terms:

  • ciri cream labela palsu/
  • contoh merk krim kolagen
  • cream ap yg biasa d jual di indomart yg bsa bkn wjah putih
  • cream tm kaca yg asli dan palsu
  • goji beri cream berbajayakah menurut bpom?
  • merk pemutih wajah yang berbahaya menurut bpom
  • pemutih dalam seminggu bahaya apa tidak?
  • pke krim apa sich pda putih
  • sebenarnya cream temulawak ester bps ada bpom tdk
Merk Krim Pemutih Wajah Berbahaya | Admin | 4.5